Membekali Guru dalam Memahami Literasi, IGI Ogan Ilir Gandeng Tim Pengembang Kurikulum Direktorat SMA

    Senin, 11 Oktober 2021 telah terlaksana dengan lancar kegiatan Live Webinar Desain Pembelajaran dan Asesmen Berbasis Literasi oleh Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia (PD IGI) Kabupaten Ogan Ilir dengan narasumber dari Tim Pengembang Kurikulum Direktorat SMA yaitu bapak Firdaus, S.Si dimana bliau juga merupakan salah satu pengurus PSLCC PGRI Kabupaten Ogan Ilir yang bersedia berkolaborasi dengan IGI. Hal ini merupakan sebuah kabar baik bagi seluruh pendidik terutama diwilayah kabupaten Ogan Ilir.


    Dalam kesempatan tersebut bapak Firdaus, S.Si. sangat lugas menyampaikan materi tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) begitu pun tentang tiga literasi penting, yaitu literasi numerasi, membaca, dan saint. Mendesain pembelajaran dan assessmen menjadi bagian penting dari proses pencapaian tujuan pembelajaran. Demikian juga ketika guru hendak membekali peserta didik dengan literasi, juga harus diupayakan mulai dari desain pembelajarannya. Desain pembelajaran berbasis literasi menjadi sangat penting kedudukannya ketika orientasi pembelajaran tidak hanya sekadar untuk mencapai aspek kognitif, namun terlebih lagi kepada kecakapan peserta didik dalam mengaplikasikan pelajaran yang didapatnya serta memiliki sikap dan kemampuan mengambil keputusan berkaitan dengan materi yang dikuasainya dalam kehidupan sehari-hari. 

    Keynote speaker dari  live webinar ini adalah  bapak Awalludin, S.Pd.,M.Si. dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. “Hal paling penting dalam pembelajaran adalah menerapkan sesuai keadaan lingkungan dari peserta didik, buatlah kontekstual. Akan tetapi apa itu kontekstual? Media yang canggih? Bukan. Kontekstual adalah ketika guru mengajarkan sesuatu pada peserta didik, maka mereka merasa bahwa media yang ada tampak jelas didepan matanya dan mereka paham akan yang guru ajarkan” ujar bapak Awalludin.


    Tentunya dalam setiap kegiatan ada peserta yang kesulitan untuk mengikuti karena kendala dari sinyal ditempat masing-masing, dan memang saat ini Indonesia memasuki musim penghujan. Juga akhir-akhir ini terutama wilayah Sumatera Selatan merata hujan. 
Akan tetapi hal ini bukanlah penghalang untuk guru-guru Indonesia dalam mengikuti kegiatan. Peserta dari webinar ini merupakan, guru, kepala sekolah, serta pengawas dari seluruh Indonesia. Salah seorang peserta dari Papua yaitu bapak Beni Misah berujar “Saya baru kali ini mengikuti kegiatan dari IGI dan saya merasa senang dapat menyimak materi penting untuk saya dapat terapkan disekolah”.

    Dari webinar ini peserta dapat memahami bagaimana cara mendesain pembelajaran dan asesmen berbasis literasi dengan benar. Tidak hanya berhenti dikegiatan ini, tetapi peserta dapat terus menggali lebih jauh tentang Asesmen Kompetensi Minimum dari Narasumber melalui pesan WhatsApp. Kedepan IGI Kabupaten Ogan Ilir akan terus berkolaborasi dengan berbagai organisasi profesi juga praktisi pendidikan. Mari bangkitkan IGI di bumi caram seguguk! Mari bangkit dan belajar bersama IGI!


Penulis: Juwairia, S.Pd.Gr.
               Pengurus Daerah IGI Ogan Ilir

About Usmi Sintara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comentários:

Posting Komentar